November 26, 2022

Sistem Informasi

  1. SiUMAN

SiUMAN (Sistem Informasi Ujian Mandiri) merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2017. SiUMAN digunakan untuk membantu mempermudah dalam mengelola administrasi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Sistem informasi ini dirancang secara online dan terintegrasi dengan sistem pembayaran bank mitra. Dapat diakses melalui https://uman.uinsi.ac.id

 

  1. SiPUKAT

SiPUKAT (Sistem Informasi Pendaftaran Uang Kuliah Tunggal) merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2018. SiPUKAT digunakan untuk membantu mempermudah dalam mengelola administrasi, menyeleksi dan memberikan dukungan keputusan besaran tarif uang kuliah tunggal (UKT) calon mahasiswa baru. SiPUKAT dirancang dan dapat diakses secara online. Dapat diakses melalui https://ukt.uinsi.ac.id

 

  1. SiNIMA

SiNIMA (Sistem Informasi Nomor Induk Mahasiswa ) merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2018. SiNIMA digunakan untuk membantu mempermudah dalam mengelola dan pemberian nomor induk mahasiswa (NIM) melalui sistem secara otomatis kepada setiap calon mahasiswa baru. SiPUKAT dirancang dan dapat diakses secara online oleh setiap penggunanya. Dapat diakses melalui https://siakad.uinsi.ac.id/nim

 

  1. SiPEDAL

SiPEDAL (Sistem Informasi Pendaftaran Ulang ) merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2015. SiPEDAL digunakan untuk membantu mempermudah mahasiswa baru dalam melakukan peremajaan data pribadi dan data akademiknya  melalui sistem dan database terpusat. Dapat diakses melalui https://siakad.uinsi.ac.id/portal/login/mahasiswa

 

  1. SiAKAD

SiAKAD (Sistem Informasi Akademik)merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2014. SiAKAD digunakan oleh akademik dan program studi dalam mengelola administrasi akademik mulai dari perencanaan, pengelolaan dan  monitoring aktivitas akademik dan kemahasiswaan baik pada tingkat program studi, fakultas dan program pascasarjana. SiAKAD dirancangan secara online sehingga memberikan tingkat dinamisasi dan fleksibilitas bagi penggunanya. Dapat diakses melalui https://siakad.uinsi.ac.id/sia

 

  1. Saku Dosen

Saku dosen(Sistem Adm Pembelajaran Dosen berbasis Android), merupakan aplikasi berbasis android yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2017. Aplikasi ini membantu setiap dosen dalam pengadministrasian kegiatan akademik dan pembelajaran secara paperless. Mulai dari administrasi jurnal perkuliahan, presensi perkuliahan hingga manajemen nilai dan history mengajarnya. Dapat di Download melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=id.ac.iain_samarinda.portaldosen

 

  1. Saku Mahasiswa

Saku mahasiswa(Sistem Adm Perkuliahan Mahasiswa berbasis Android), merupakan aplikasi berbasis android yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2017. Aplikasi ini membantu mahasiswa dalam pengadministrasian kegiatan akademik dan perkuliahan secara paperless. Mulai dari melihat jadwal kuliah, presensi perkuliahan hingga melihat nilai dan history pembayaran UKT dan berbagai informasi akademik lainnya yang tersedia. Dapat di Download melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=id.ac.iain_samarinda.portalmahasiswa

 

  1. SiKEPI

SiKEPI (Sistem Informasi Keterangan Pendamping Ijazah) merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2020. SiKEPI digunakan untuk membantu mempermudah program studi , fakultas dan mahasiswa dalam mengelola keterangan pendamping ijazah bagi setiap calon lulusan. SiKEPI dirancang secara online sehingga memberikan tingkat dinamisasi dan fleksibilitas bagi para penggunanya serta bagi pihak-pihak terkait lainnya. Dapat diakses melalui https://skpi.uinsi.ac.id

 

  1. SiMUNA

SiMUNA (Sistem Informasi Munaqasah ) merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2016. SiKEPI digunakan untuk membantu mempermudah program studi , fakultas dan mahasiswa dalam mengelola dan memvalidasi eligibilitas calon wisudawan. SiMUNA dirancang secara online sehingga memberikan tingkat fleksibilitas bagi para penggunanya serta bagi pihak-pihak terkait lainnya. Dapat diakses melalui https://munaqasah.uinsi.ac.id

 

  1. SiMAHAD

SiMAHAD(Sistem Informasi Mahad Al-Jami’ah) merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2018. SiMAHAD digunakan untuk membantu mempermudah bagi calon santri dan  pengelola Mahad Al-Jami’ah, terkait administrasi pendaftaran, kelayakan dan tingkat ketuntasan dalam mengikuti program mahad, sampai dengan pencetakan syahadah. SiMAHAD dirancang secara online sehingga memudahkan pengguna dan lebih fleksibel. Dapat diakses melalui https://peskam.uinsi.ac.id

 

  1. SiIJAH

SiIJAH (Sistem Informasi Ijazah )merupakan Sistem informasi yang digunakan dalam melakukan verifikasi, validasi dan administrasi pencetakan ijazah. Dapat diakses melalui https://ijazah.uinsi.ac.id

 

  1. SiBEA

SiBEA (Sistem Informasi Beasiswa) merupakan sistem informasi berbasis web yang digunakan mahasiswa untuk mengajukan beasiswa yang tersedia pada lembaga. Dapat diakses melalui https://siakad.uinsi.ac.id/beasiswa/

 

  1. SiWISMA

SiWISMA (Sistem Informasi Wisuda Mahasiswa) merupakan sistem informasi berbasis web yang digunakan mahasiswa untuk mendaftar wisuda sesuai periode yang ditetapkan. Dapat diakses melalui https://siakad.uinsi.ac.id/wisuda/

 

  1. SiKUTIF

Sistem Informasi Eksekutif , Sistem yang berisi data-data berupa grafik sehingga memudahkan pimpinan untuk mementukan kebijakan. Dapat diakses melalui https://siakad.uinsi.ac.id/eksekutif/

 

  1. SiRUBEL

 Sistem Informasi Ruang Belajar. Dapat diakses melalui https://elearning.uinsi.ac.id/

 

  1. SiTRASI

Sistem Informasi Tracer Study ,Aplikasi ini digunakan untuk membantu akademik dan alumni melakukan tracer study kepada para alumni. Dapat diakses melalui https://siakad.uinsi.ac.id/alumni

 

  1. SiKAIL

Sistem Informasi Karya Ilmiah merupakan sistem informasi yang digunakan untuk mengelola karya ilmiah baik berupa hasil penelitian, buku karya dosen, jurnal, pengabdian kepada masyarakat serta berbagai bentuk kerjasama dalam maupun luar negeri. Dapat diakses melalui https://siakad.uinsi.ac.id/karyailmiah/

 

  1. SiJURNAL

Sistem ini digunakan dalam melayani tata kelola dan wadah media publikasi karya ilmiah dan peneliti melalui open journal system UINSI Samarinda. Dapat diakses melalui https://journal.uinsi.ac.id/

 

  1. SiOBOS

Sistem Informasi Open Book System.  Dapat diakses melalui http://obs.uinsi.ac.id

 

  1. SiREPOT

Sistem informasi yang berisi karya tulis / tugas akhir dari mahasiswa UINSI Samarinda. Dapat diakses melalui https://repo.uinsi.ac.id

 

  1. SiEBIL

Sistem Informasi Billing Elektronik , Sistem ini dipergunakan untuk mengelola tagihan dan realisasi pembayaran biaya kuliah mahasiswa. Dapat diakses melalui https://ebill.uinsi.ac.id

 

  1. SiMANJA

Sistem Informasi Manajemen dan Penjadwalan , Sistem informasi yang digunakan untuk mengelola jadwal penggunakan sarana yang tersedia di UINSI. Dapat diakses melalui https://simanja.uinsi.ac.id

 

  1. SiDIA

Sistem Informasi Digital Arsip , aplikasi digunakan untuk membantu melakukan pendataan dan mengelola arsip-arsip secara digital di tingkat rektora, fakultas dan pascasarjana serta di setiap unit kerja (lembaga dan UPT). Dapat diakses melalui https://sidia.uinsi.ac.id

 

  1. SiPEKA

Sistem Informasi Perencanaan dan Keuangan. Merupakan aplikasi yang digunakan dalam mengelola perencanaan dan claim anggaran. Dapat diakses melalui https://sipeka.uinsi.ac.id

 

  1. SiAP

Sistem Informasi Aspirasi dan Pengaduan, Aplikasi ini digunakan untuk melakukan tata kelola aduan dan aspiran masyarakat yang terkait pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan cakupan menerima aspirasi dan aduan oleh sivitas akademika UINSI Samarinda maupun masyarakat umum serta memberikan respon dan solusi menuju sistem transparansi dan tata kelola pemerintahan yang bersih melayani. Dapat diakses melalui https://siap.uinsi.ac.id

 

  1. SiPEDA

SiPEDA (Sistem Informasi Pendataan Aset) merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2022. SiPEDA digunakan untuk melakukan pendataan aset negara yang ada pada lingkungan UINSI, dimana setiap operator di masing-masing unit bagian diminta untuk menginput data aset negara yang berada di unit mereka untuk selanjutnya disimpan dalam database terpusat UINSI. Dapat diakses melalui https://siaset.uinsi.ac.id

 

  1. SiKAP

SiKAP merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2021. SiKAP digunakan untuk memantau kinerja pegawai selama berada di lingkungan UINSI. Pada SiKAP, pegawai dapat mengatur siapa atasan mereka dan melakukan perencanaan Sasaran Kegiatan Pegawai dan mengisi laporan harian untuk dapat di cetak nantinya ketika dibutuhkan. Semua data tersimpan dalam database terpusat UINSI untuk dijadikan acuan satu data UINSI. Dapat diakses melalui https://sikap.uinsi.ac.id

 

  1. SiMPEG

SiMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian) merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2019. SiMPEG digunakan untuk membantu unit bagian kepegawaian melakukan pendataan pegawai yang ada pada lingkup UINSI. Data tersebut kemudian dijadikan acuan sebagai satu data di UINSI agar tidak tercerai-berai. Dapat diakses melalui https://simpeg.uinsi.ac.id

 

  1. SiHADIR

SiHADIR (Sistem Informasi Kehadiran Pegawai ) merupakan sistem informasi berbasis web yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2015. SiHADIR digunakan sebagai sarana presensi kehadiran bagi pegawai di lingkungan UINSI. Dapat diakses melalui https://kehadiran.uinsi.ac.id

 

  1. WS

WS (API UINSI) merupakan sistem berbasis API yang dikembangkan oleh UPT Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda pada tahun 2021. WS digunakan untuk membantu sistem lainnya mengakomodir data yang tersedia pada database terpusat UINSI. Saat ini digunakan sebagai sarana koneksi antara UINSI dan Bank Mitra pembayaran SPP/UKT. Dapat diakses melalui https://apis.uinsi.ac.id

 

  1. Web Universitas

Web Resmi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda merupakan Publikasi Informasi Universitas kepada masyarakat. Dapat diakses melalui https://www.uinsi.ac.id

LANGUAGE»