June 30, 2022

Kerinduan mahasiswa mengikuti perkuliahan offline selama kurang lebih 19 bulan selama Pandemic Covid-19 ternyata tak terbendung. Hal ini tampak dari antusiasme mereka mengikuti kegiatan praktikum mata kuliah statistik di ruang laboratorium komputer UINSI Samarinda. Diampu oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) bapak Anwaril Hamidy, M.Pd mahasiswa tampak tekun dan serius mempraktikkan dan mengikuti apa yang dijelaskan oleh sang dosen.

Meskipun sudah ada edaran pertemuan tatap muka terbatas sbegaimana surat edaran rektor bahwa per tanggal 1 November 2021, namun protokol kesehatan di terapkan secara ketat untuk mengantisipasi terjadinya penularan dan penyebaran Covid-19, berbagai upaya dilakukan oleh pengelola laboratorium komputer mulai dari pembatasan 50% dari kapasaitas ruang laboratorium komputer, keharusan mengenakan masker dengan benar, keharusan mencuci tangan dan cek suhu serta menggunakan handsanitizer, mengurangi interaksi dan menjaga jarak selama di dalam lab, serta telah melaksanakan program vaksinasi Covid-19 minimal 1 kali bagi mahasiswa dan dosen.

Upaya ini kami lakukan semata-mata sebagai upaya preventif agar tidak terjadi penularan dan penyebaran virus Covid-19 sehingga terjadi keberimbangan antar aspek kesehatan dengan pelaksanaan pembelajaran tatap muka saai ini, tidak hanya untuk jangka pendek namun juga untuk jangka panjang, demikian terang Sugiyono selaku kepala Teknologi Informasi dan Pangkalan Data menjelaskan kepada redaksi. (Senin 1 November 2021)