November 26, 2022

TIPD bersama dengan Sub Bagian Organisasi, Kepegawaian, dan Penyusunan Peraturan (OKPP) melaksanakan bimbingan teknis penggunaan aplikasi  SIKAP pada senin (07/11). Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia di lingkungan kerja Universitas Islam negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.  Dari unit TIPD pemberi materi adalah Kepala unit TIPD, Sugiyono, M.Kom dan di ikuti oleh Sub Koordinator OKPP Abdul  Munir serta para staff.

Kegiatan di mulai dengan sejarah di buatnya aplikasi SIKAP, yang sudah di buat  sejak 2 tahun lalu dan terus di sempurnakan hingga sekarang dan juga di jelaskan mengenai kelebihan-kelebihan menggunakan aplikasi sikap. Kemudian untuk memudahkan penggunaan aplikasi maka user di berikan kepada peserta yang hadir.

Dalam bimtek ini, bapak sugiyono menjelaskan tentang merencanakan aktivitas tahunan dan harian. serta memberikan contoh untuk menuliskan aktivitas tahunan. Laporan aktivitas tahunan ini di sesuaikan dengan format aktivitas tahunan di sesuaikan dengan format SKP.

Selain masalah teknis penggunaan aplikasi SIKAP, di bahas mengenai masalah lain seputar aplikasi SIKAP di antaranya, untuk sekarang laporan masih bisa di tulis untuk periode mundur, namun jika sudah selesai sosialisasi akan di tutup untuk penulisan laporan periode mundur. Selain itu di bahas pula mengenai hak akses user, pegawaian dapat meminta hak akses untuk monitoring tentang pekerjaan yang sudah di tulis oleh seluruh pegawai.

Selain bimtek, kegiatan di selingi dengan diskusi mengenai aplikasi, Bapak Munir selaku sub koordinator OKPP memperdalam pertanyaan tentang fitur tugas tambahan di luar pekerjaan umum pegawai.

Dengan SIKAP, seluruh disposisi mengenai perjalanan dinas, SK, cuti, dan segala hal yang membutuhkan disposisi pimpinan tidak perlu manual lagi. Namun masih perlu pembahasan lebih lanjut dalam pengaplikasiannya. Penggunaan sistem SIKAP serta fitur tambahan lain  perlu diskusi dengan kepegawaian untuk menyesuaikan kebutuhan dari manajemen pengelolaan SDM di lingkungan kerja UINSI.

Sebagai penutup tidak lupa bapak sugiyono menyampaikan agar penulisan laporan pekerjaan  pada aplikasi SIKAP, harus di lakukan setiap hari agar pekerjaan yang di lakukan pada masa lampau tidak lupa atau terlewat.

LANGUAGE»